Cara Meningkatkan Roi Perusahaan, Definisi, Rumus

Seberapa besar modal yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menciptakan produk/layanan serta pengeluaran untuk kampanye? Ketika perusahaan gagal dalam menganalisa data dengan tepat, kerugian besar akan dihadapi oleh perusahaan. Strategi yang diharapkan untuk meningkatkan ROI berakhir menjadi kerugian yang tak dapat dihindari.

Cara Meningkatkan Roi Perusahaan, Definis, Rumus
Cara Meningkatkan Roi Perusahaan, Definis, Rumus (boimeningkat.com)
Oleh karena itu, perkuat analisa data Anda untuk meningkatkan hasil ROI bagi perusahaan Anda. Kenali beberapa hal berikut untuk memberikan Anda gambaran dalam menciptakan wawasan analisa yang baik agar dapat membawa ROI positif untuk perusahan Anda.

Mencapai ROI yang lebih baik memang bukan hal yang mudah, terutama untuk Anda yang baru memulai usaha kecil.


Bagaimana Anda bisa yakin kalau content yang memakan waktu Anda itu worth-it?

Lalu bagaimana dengan uang yang Anda investasikan dalam hal creating dan marketing?

Content epik Anda dan traffic yang tinggi harusnya memberikan pemasukan ke bank perusahaan Anda, bukan malah menguras dana investasi Anda.

Mengaudit ROI dari blog post Anda dan content online lainnya merupakan salah satu langkah simpel yang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan Anda.

Artikel ini akan menyajikan beberapa tips untuk Anda agar dapat memaksimalkan keuntungan dari content yang Anda buat.

Berinovasi, itu kuncinya!
Jika Anda pikir semua inovasi hanya dapat dihasilkan dengan uang, Anda salah. Ya, membuat sebuah inovasi tak melulu harus mengeluarkan banyak biaya. Saat Anda berencana membangun sebuah restoran, Anda harus memproritaskan inovasi. Inovasi bisa berbentuk apa saja misalnya pilihan makanan dan minuman, materi promosi maupun perencanaan pemasaran yang kreatif.

Membuat inovasi merupakan salah satu cara terbaik dan tercepat untuk meningkatkan ROI restoran. Yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk lebih kreatif dan temukan staf yang tepat untuk membangun lingkungan yang baik. Tentu saja, Anda harus memiliki rencana yang kokoh.

Mencari tahu inovasi yang kita inginkan tidaklah sulit, tapi tak berarti sangat mudah. Cobalah untuk mencari desain, metode komunikasi dan sistem terbaik untuk mencari tahu apa yang Anda inginkan. Hal ini memang sedikit rumit dan membutuhkan waktu lama tapi Anda akan terkejut ketika melihat hasil positifnya.

Cari tahu pasar untuk meningkatkan ROI restoran
Kita tahu bahwa kita harus berani berinvestasi jika ingin mempunyai sistem marketing yang baik. Namun disisi lain, seorang pebisnis yang baik adalah mereka yang dapat mengukur dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka sehingga dapat mengoptimalkan pengeluaran. Hal ini diperlukan mengingat seorang pengusaha restoran harus mengerti ROI restoran mereka.

Ada banyak cara efektif yang dapat menarik perhatian pelanggan. Cobalah cara-cara yang menurut Anda akan cocok dengan visi dan rencana Anda. Cek dan monitor seberapa efektif cara tersebut untuk meningkatkan ROI restoran. Anda dapat terus memakai cara tersebut jika berhasil atau membuang jauh-jauh beberapa cara yang gagal.

Setelah Anda mendapatkan metriknya, pelajari dan bandingkanlah dengan data saingan Anda. Anda dapat meningkatkan standar metrik dan melihat apakah berhasil atau tidak. Dengan mempelajari hasilnya Anda dapat menentukan efektifitas strategi yang Anda gunakan. Pada saat bersamaan, Anda juga dapat melihat seberapa besar investasi yang harus Anda keluarkan.

Kelola dan optimasi website
Kita tahu saat ini telepon pintar memiliki peranan penting di kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data The National Restaurant Association yang ditulis dalam Restaurant.org, 83 persen orang dewasa menggunakan telepon pintar atau tablet saat mereka mencari tahu tentang restoran termasuk lokasi, arah, maupun jam buka. Sebanyak 75 persen lainnya melihat-lihat menu restoran, 55 persen membaca ulasan pengunjung restoran, 51 persen membuat memesan makanan dengan cara takeout atau delivery, serta sekitar 50 persen menggunakan deal spesial melalui website.

Angka tersebut membuktikan pentingnya pengusaha restoran untuk terus mengecek website. Kelola website Anda dan adaptasikan berbagai perubahan agar pelanggan tetap mengunjungi dan memesan makanan di restoran melalui website Anda. Hal ini tentunya mempermudah Anda dalam meningkatkan ROI restoran.

Implementasikan Sistem Restoran
MEngimplementasikan sistem ERP ke bisnis Anda memang membutuhkan banyak biaya. Namun, kita tahu bahwa ini merupakan salah satu investasi yang menguntungkan. Karena biaya implementasi yang tinggi, ROI biasanya akan kembali antara 4-8 tahun. Namun, Anda dapat menggunakan Sistem ERP yang yang tepat agar membantu Anda mempercepat ROI. Berdasarkan data HashMicro, para pelanggan yang beralih menggunakan EQUIP F&B berhasil menurunkan biaya IT daro 3-5 persen menjadi hanya 0.1 persen. EQUIP juga menawarkan sistem lisensi yang lebih terstruktur dan biaya implementasi dan perawatan yang lebih murah. JAdi, mengimplementasikan Sistem ERP dalam bisnis restoran wajib dilakukan.

Definisi ROI

Return On Invesment merupakan rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Rasio ini menunjukkan hasil dari seluruh aktiva yang dikendalikan dengan mengabaikan sumber pendanaan, rasio ini biasanya diukur dengan persentase.

Faktor yang Dapat Memengaruhi ROI Diantaranya:

1. Turnover dari operating assets atau tingkat perputaran aktiva yang digunakan untuk kegiatan operasional, yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.

2. Profit margin, adalah besarnya keuntungan operasi yang dinyatakan dalam bentuk persentase dan jumlah penjualan bersih. Profit margin dapat mengukur tingkat keuntungan perusahaan dan dihubungkan dengan penjualannya.

Komentar